Menu

Wisata Kuliner Khas Belitung, Makanan yang Enak dan Unik

Inilah Wisata Kuliner Khas Belitung, makanan yang khas daerah yang enak dan unik. Tentu pergi berwisata ke daerah pengarang buku Laskar Pelangi ini pastinya tidak akan lengkap sebelum menikmati makanan khasnya yang enak dan lezat. Untuk makanannya sendiri, masakan yang ada di kepulauan Belitung sangat dipengaruhi oleh kuliner Sumatera Selatan dan Tionghoa. Hal ini tidak bisa dilepaskan oleh adanya pengaruh geografis dan pemerintahan yang sangat dipengaruhi oleh kedua hal ini.

Wisata Kuliner Khas Belitung, Makanan yang Enak dan Unik

Keterangan: Gangan Ketarap Belitung salah satu masakan khas masyarakat Belitung. (makanmakan.com)

Provinsi Bangka Belitung juga merupakan daerah kepulauan dan pesisir dengan sumberdaya laut yang melimpah. Hasil tangkapan laut diolah menjadi berbagai macam masakan dan cita rasa pesisir yang khas.

Nah, berikut ini wisata kuliner di Belitung dengan masakan khas daerah yang enak dan unik:

1. Gangan Khas Belitung

Gangan adalah sup ikan atau daging dengan kuah yang kaya rasa, ada rasa pedas, asam, dan gurih yang merupakan masakan sehari-hari masyarakat Belitung. Ciri khas masakan ini warna kuning yang menyala dengan penggunaan bumbu kunyit yang memberi rasa, warna, dan aroma khas kunyit.

1. Gangan Khas Belitung

Segar Manis Gangan Cita rasanya tergantung pada jenis ikan yang dimasak. Ikan yang paling populer untuk masakan gangan diantaranya adalah ikan ketarap. Aromanya menyegarkan dan tak berbau amis dan tekstur ikan yang lembut dan berminyak, semakin menambah cita rasa gangan.

Memasak Gangan harus dengan ikan yang SEGAR dan GEMUK. Ikan segar dan gemuk bisa diidentifikasi dari mata yang jernih, kenyal dan insangnya masih berwarna merah. Sementara ikan yang gemuk diidentifikasi dari permukaan badan yang bulat dan dan bagian perut yang agak besar.

Gangan juga bisa dibuat dari daging pelanduk atau kancil, akan saat ini kebanyakan diganti dengan daging sapi karena pelanduk termasuk hewan yang langka. Selain adanya penggantian bahan daging, gangan yang biasanya akan ada nanas sekarang digantikan dengan potongan kecil singkong. Meski demikian, kelezatannya tetap tidak berubah.

Saat berlibur ke provinsi Bangka Belitung Anda dapat menikmati Gangan yang enak dan lezat di RM Gangan Sari yang beralamat di Jl. Irian, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411. Rumah makan ini buka jam 09.30–21.00 WIB.

2. Pulut panggang

2. Pulut panggang

Pulut Panggang merupakan jajanan khas dari Belitung yang terbuat dari bahan dasar ketan. Bila dilihat sepintas mirip dengan lemper. Bagian dalam dari ketan akan diisi dengan abon ikan sambal lingkung. Setelah diisi, pulut ini akan dibungkus dengan daun simpor membentuk segitiga.

Untuk mencicipi olahan yang satu ini maka kita bisa pergi menuju pasar tradisional yang ada di Belitung dan Bangka.

3. Bakso ikan birai

3. Bakso ikan birai

Anda penyuka bakso? Cobalah mencicipi bakso ikan birai dari daerah Belitung timur. Di daerah ini ada banyak sekali industry rumahan yang memproduksi bakso. Ikan birai sendiri yang dijadikan bahan dasar sangat melimpah di Belitung. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan mengambil daging ikan birai dengan bantuan pisau dan sendok. Daging ikan yang sudah diambil kemudian diblender dan ditaruh di wadah berisi es agar hasilnya tidak mengeras.

Setelah itu, daging ikan tinggal dibumbui dengan garam, vetsin dan air. Campur sampai seluruh bahan merata . Bakso ikan birai hanya bisa bertahan selama 3 hari.

4. Suto Belitong

4. Suto Belitong

Sepintas lalu, masakan yang satu ini mirip dengan ketupat sayur. Kuahnya yang terbuat dari rebusan kari iga sampai dengan santan sangat lezat dipadukan dengan irisan daging, bumbu rempah, bihun, kentang, lontong dan emping.

Belum lagi tambahan taburan bawang goreng, kecap dan perasan jeruk limau pastinya membuatnya semakin segar.

5. Mie Belitung

5. Mie Belitung

Yang membuat mie Belitung ini istimewa adalah kuah kari udangnya yang kental dan gurih. Lezatnya mie Belitung didapatkan dari mie, tauge, irisan tahu goreng, emping, dan cabe rawit rumbuk.

Salah satu yang paling terkenal adalah mie Belitung Atep yang ada di Tanjung Pandan.

Demikianlah informasi seputar wisata kuliner Belitung dengan makanan khas daerah yang enak dan unik. Semoga bermanfaat!

Kategori: Babel, Review Kuliner | Tampil: 39 views

Author: Indra

About Me Technical Content Writer, Menyukai dunia Blogging, Digital Marketing & Traveling. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.


Informasi Terkait