Menu

Daftar Hotel di DKI Jakarta yang Murah dan Bagus

Daftar hotel di DKI Jakarta bagus, murah, dan nyaman dengan pemandangan indah. Beberapa hotel dan penginapan menyediakan beragam layanan dan fasilitas terbaik yang akan membuat betah saat menginap dan istirahat. Penginapan yang ada kolam renang, family room, private pool, bathtub, private jacuzzi, air hangat, permainan anak, spa plus, salon kecantikan, dan pusat kebugaran cukup banyak tersedia walau tidak semuanya menyediakan fasilitas tersebut.

Tentang Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.374.235 jiwa (2017). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta tiga pelabuhan laut di Tanjung Priok, Sunda Kelapa, dan Ancol.

Di DKI Jakarta, tersedia jaringan jalan raya dan jalan tol yang melayani seluruh kota, namun perkembangan jumlah mobil dengan jumlah jalan sangatlah timpang (5-10% dengan 4-5%).

Wilayah Utama di Jakarta

Wilayah utama Jakarta dibagi menjadi 5 kotamadya, yaitu:

Jakarta Pusat

Jakarta Pusat adalah kotamadya dengan wilayah terkecil. Hinggai kini, Jakarta Pusat merupakan pusat dari pemerintahan dan politik. Beberapa tempat penting di Jakarta Pusat, antara lain: Istana Merdeka, Istana Negara, Perpustakaan Nasional, Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral.

Jakarta Barat

Kotamadya ini didominasi oleh industri kecil yang berkembang. Di Jakarta Barat inilah, terletak sebagian Kota Tua dan peninggalan kolonial Belanda, seperti Bangunan Langgam Cina, Jembatan Kota Intan, Gedung Arsip Nasional, dan Toko Merah.

Jakarta Selatan

Bermula dari rencana awal sebagai kota satelit, Jakarta Selatan memiliki sejumlah mal modern serta pemukiman eksklusif. Dikenal sebagai daerah terhijau di Jakarta, Jakarta Selatan kini mulai terancam karena pembangunan pesat gedung-gedung modern. Beberapa tempat penting di Jakarta Selatan, antara lain: Museum ABRI Satriamandala dan Masjid Al-Azhar.

Jakarta Timur

Jakarta Timur adalah wilayah terpadat pada saat ini yang masih ditandai dengan adanya persawahan di beberapa areanya. Dua tempat bersejarah di Jakarta Timur adalah Lubang Buaya dan Kompleks Makam Pangeran Jayakarta.

Jakarta Utara

Jakarta Utara adalah satu-satunya bagian Jakarta yang memiliki akses menuju laut dengan pelabuhan utama Tanjung Priok. Menariknya, sebagian area Kota Tua terletak di Jakarta Utara, sedangkan sebagian lagi di Jakarta Barat. Bangunan bersejarah di Jakarta Utara adalah Gereja Tugu, Museum Bahari, dan Rumah Tinggi atau Rumah Si Pitung.

Hotel di Jakarta

Pariwisata

Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup baik di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, pemerintah mengadakan program “Enjoy Jakarta”. Beberapa tempat pariwisata yang terkenal dan biasa dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara di antaranya adalah Taman Mini Indonesia Indah, Pulau Seribu, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Impian Jaya Ancol (termasuk taman bermain Dunia Fantasi dan Seaworld Indonesia). Disamping itu Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata sejarah, yakni berupa museum dan tugu. Diantaranya adalah Museum Gajah, Museum Fatahillah, dan Monumen Nasional. Disamping tempat wisatanya yang memadai, saat ini di Jakarta telah tersedia sekitar 219 hotel berbintang, 3.173 restoran, dan 40 balai pertemuan.[54] Hampir semua jaringan hotel kelas dunia telah membuka gerainya di Jakarta, seperti JW Marriott Jakarta, The Ritz-Carlton Jakarta, Shangri-La Hotel, dan Grand Hyatt Jakarta.

Shopping Center

Dalam rangka menciptakan Jakarta sebagai kota tujuan wisata belanja, setiap bulan Juni-Juli pemerintah mengadakan program “Jakarta Great Sale”. Program ini diadakan di pusat-pusat perbelanjaan yang terdapat di Jakarta. Untuk mewujudkan Jakarta sebagai tujuan wisata belanja yang unggul, pemerintah saat ini sedang mengembangkan poros Casablanca-Satrio sebagai poros wisata belanja. Di poros ini, terdapat beberapa pusat perbelanjaan untuk berbagai segmen, yaitu Mal Ambassador, ITC Kuningan, Ciputra World Jakarta, Kuningan City, dan Kota Kasablanka. Tak jauh dari situ berdiri pula Plaza Festival, salah satu pusat kuliner yang menawarkan makanan-makanan khas Jakarta.

1. Pasar

Jakarta memiliki nama-nama pasar sesuai dengan nama hari dalam sepekan. Namun dari nama-nama hari itu termasuk Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo, dan Pasar Jumat, dan kini menjadi nama sebuah daerah. Sementara, Pasar Selasa, Pasar Kamis, dan Pasar Sabtu, tidak terdengar lagi, konon karena terkalahkan oleh nama daerah. Nama pasar dikaitkan dengan nama hari karena dalam riwayatnya, aktivitas di pasar itu dilakukan pada hari tertentu. Misalnya, disebut Pasar Senen karena aktivitas di pasar tersebut dulunya selalu dilakukan setiap hari Senin. Kini nama tersebut menjadi sebuah kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

Dalam arsip Kolonial, pasar pertama kali didirikan oleh seorang tuan tanah berdarah Belanda bernama Yustinus Vinck di bagian selatan Castle Batavia pada tahun 1730an. Pasar itu bernama “Vincke Passer” yang saat ini dikenal dengan nama Pasar Senen. Vincke Passer merupakan pasar pertama yang menerapkan sistem jual beli dengan menggunakan uang sebagai alat jual beli yang sah.

Kemudian masuk pada abad ke-19 atau pada tahun 1801, pemerintah VOC memberikan kebijakan dalam perizinan membangun pasar kepada tuan tanah. Namun dengan peraturan pasar yang didirikan dibedakan menurut harinya. Vincke Passer buka setiap hari Senin, sehingga orang pribumi sering menyebut Vincke Passer sebagai “Pasar Senen” dan hingga saat ini nama tersebut masih melekat hingga diabadikan menjadi sebuah nama daerah.

Selain Vincke Passer yang buka hari Senin, ada juga pasar yang buka hari Selasa yakni “Pasar Koja”, pasar yang buka setiap hari Rabu adalah Pasar Rebo yang kini menjadi “Pasar Induk Kramat Jati”. Kemudian pasar yang buka setiap hari Kamis adalah Mester Passer yang kini disebut “Pasar Jatinegara”. Selanjutnya ada beberapa pasar yang buka pada hari Jumat, seperti “Pasar Lebakbulus”, “Pasar Klender”, dan “Pasar Cimanggis”.

Untuk Pasar Sabtu, atau pasar yang bukanya setiap hari Sabtu adalah “Pasar Tanah Abang”. Sedangkan Pasar Minggu atau yang dulu dikenal dengan sebutan “Tanjung Oost Passer” buka pada hari Minggu. Perbedaan pengoperasian pasar ini dilakukan VOC dengan alasan keamanan serta faktor untuk mempermudah orang dalam berkunjung dan lebih mengenal suatu pasar. Namun kebijakan berlakunya hari kerja pasar tak berlangsung lama. Sebab sejak VOC bangkrut akibat banyak pejabat yang korupsi, pemerintahan Belanda di Batavia diambil alih oleh Kerajaan Hindia Belanda. Sejak zaman Hindia Belanda, peraturan hari kerja pasar pun tak berlaku lagi, hingga sebagian besar pasar buka setiap hari, meski telanjur menyandang nama hari sebagai nama pasar.

Di zaman Hindia Belanda pada akhir abad ke-19 inilah banyak bermunculan pasar-pasar baru yang lebih modern, seperti Pasar Baru dan Pasar Glodok. Pasar-pasar yang muncul di era abad ke-19 akhir hingga awal abad ke-20 menjadi inspirasi lahirnya supermarket dan juga mal.

Sejak awal tahun 1980, Pemerintah DKI Jakarta gencar membangun pusat-pusat perbelanjaan modern, atau biasa yang dikenal dengan mal dan plaza. Saat ini Jakarta merupakan salah satu kota di Asia yang banyak memiliki pusat perbelanjaan.[55] Beberapa pusat perbelanjaan modern di Jakarta memiliki luas yang cukup besar (lebih dari 100.000 m2). Di pusat-pusat perbelanjaan tersebut hadir berbagai waralaba internasional seperti Starbucks, Sogo, jaringan restoran siap saji McDonalds. Selain itu, perusahaan-perusahaan waralaba nasional juga memenuhi ruang pusat-pusat perbelanjaan tersebut, seperti Es Teler 77, J.Co dan Bakmie Gajah Mada.

Di samping pusat-pusat perbelanjaan mewah, Jakarta juga memiliki banyak pasar-pasar tradisional dan pusat perdagangan grosir antara lain ITC Cempaka Mas, ITC Mangga Dua, ITC Roxy Mas, Pasar Senen dan Pasar Tanah Abang. Selain itu, terdapat pula hypermarket yang menjadi tren belanja kalangan menengah di Jakarta, antara lain Carrefour, Hypermart, Giant, Lotte Mart, dan Ranch Market. Untuk lingkungan yang lebih kecil, tersedia pula pusat belanja kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, seperti Indomaret dan Alfamart. Di Jakarta terdapat pula pasar yang menjual barang-barang unik dan antik, seperti di Pasar Surabaya dan Pasar Rawabening.

2. Pusat perbelanjaan modern

Jakarta Pusat

Grand Indonesia, merupakan salah satu mal terluas dan paling prestisius di Indonesia. Mal ini terbagi menjadi dua distrik, yaitu West Mall dan East Mall. Mal yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat ini, memiliki luas 250.000 m2, dan menjadi tempat bagi merek-merek papan atas, seperti Zara, Louis Vuitton, Marks & Spencer, Chanel, Burberry, Forever21, GAP, Gucci, Guess, Polo, dan Samuel & Kevin. Termasuk Toko Buku Gramedia. Di bagian bawah pusat perbelanjaan ini terdapat berbagai macam restoran yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.
Plaza Indonesia, terletak di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Dengan luas sekitar 42.540 m2, mall ini pernah menjadi tempat pertama berdirinya Sogo Department Store Indonesia, namun telah ditutup sejak tahun 2009. Di mall ini terdapat Debenhams Department Store, Louis Vuitton, dan The Food Hall. Mal ini dulunya terintergrasi dengan EX Plaza (sekarang tutup), Grand Hyatt Hotel Jakarta, The Plaza Office Tower, The Keraton Hyatt Residence, dan Kedutaan Besar Jepang.
Plaza Senayan, merupakan mal besar di Jakarta yang terletak di Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan. Mall ini memiliki luas 130.500 m2. Di mall ini terdapat sejumlah department store kelas menengah ke atas seperti Sogo Department Store dan Metro Department Store. Di mall ini juga terdapat toko buku yang terkenal di dunia, yakni Kinokuniya. Di bagian atrium mall ini terdapat sebuah jam raksasa buatan Seiko, Jepang. Jam ini terdiri dari 6 patung pemusik, setiap patung memainkan alat musik yang berbeda, yang dimainkan setiap satu jam sekali.
Senayan City, terletak di Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan. Mall ini terletak berseberangan dengan Plaza Senayan dan berdekatan dengan Gelora Bung Karno. Mall ini memiliki luas 68.000 m2. Di atas mall ini terdapat menara kantor stasiun televisi SCTV.
Jakarta Convention Center, terletak di kompleks olahraga Bung Karno, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jakarta Convention Center memiliki balai yang memiliki 5.000 tempat duduk, dan juga balai sidang seluas 3.921 m². JCC memiliki 13 ruangan pertemuan dengan berbagai ukuran. JCC terhubung dengan The Sultan Hotel and Residence melalui terowongan bawah tanah.

Jakarta Barat
Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Central Park Mall, terletak di Jalan S. Parman, Jakarta Barat. Mall ini memiliki luas 167.000 m2. Desain mal ini meniru gaya unsur alam. Di mall ini terdapat sebuah food court, Sogo Department Store, Carrefour, dan CGV blitz. Mall ini terletak di kawasan Podomoro City yang dikembangkan oleh Agung Podomoro.
Mal Taman Anggrek, terletak di Jalan S. Parman, Jakarta Barat. Dengan luas sekitar 130.000 m2, pusat perbelanjaan ini menyediakan lapangan ski indoor yang terbesar di Asia Tenggara.
Mall Ciputra Jakarta, berada di lokasi yang sangat strategis, yakni berada di depan jalan tol dan diapit oleh 2 universitas tekenal. Mall ini terletak di Jalan S. Parman, Jakarta Barat. Mall ini memiliki luas 80.000 m2. Diatas mall ini terdapat Hotel Ciputra Jakarta. Di mall ini terdapat Matahari Department Store dan Hero Supermarket.

Jakarta Utara

Mal Artha Gading, merupakan salah satu mal yang paling unik di Jakarta. Konsep interior mall ini meniru gaya sejarah Jalur Sutera. Mall ini memiliki 7 buah atrium, yakni atrium Nusantara, China, India, Persia, Italia, Paris, dan Millenium. Mal ini memiliki luas 270.000 m2. Di mall ini terdapat Ace Hardware & Index, Diamond Supermarket, Electronic City, IT Center, Amazone, Artha Gading XXI dan lain lain.
Mal Kelapa Gading, terletak di Jalan Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara. Dengan luas mencapai 147.000 m2, mal ini memiliki food court dan pusat mode terlengkap di Jakarta.
Emporium Pluit Mall, terletak di Jalan Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara. Dengan luas 61.243 m2, mall ini memiliki Sogo Department Store, Carrefour, dan anchor tenant lainnya.
Mall of Indonesia, terletak di Jalan Boulevard Barat No.1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. , mall ini memiliki Gramedia, Carrefour, dan anchor tenant lainnya.

Jakarta Selatan

Pondok Indah Mall, terletak di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mall ini terdiri dari 2 bangunan utama yakni Pondok Indah Mall I dan II. Pondok Indah Mall II adalah mall terlengkap untuk memenuhi kebutuhan warga Jakarta Selatan. Di mall II ini terdapat Sogo Department Store, Metro Department Store, dan banyak tenant besar lainnya.
Pacific Place Jakarta, terletak di kawasan SCBD. Di atas mall ini terdapat Ritz Carlton Hotel Pacific Place dan dua menara Ritz Carlton Residence. Di mall ini terdapat Metro, Kidzania, CGV blitz, Kem Chicks, dan tenant lainnya.
Cilandak Town Square, terletak di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan. Mall ini terkenal sebagai pusat hiburan di Jakarta Selatan. Di mal ini terdapat banyak restoran, lounge, dan cafe.

Jakarta Timur

Cibubur Junction, terletak di Ciracas, Jakarta Timur. Mall ini memiliki luas 31.987 m2. Di mall ini terdapat Hypermart, Matahari Department Store, Cinema 21, Karisma Book Store, dan Timezone.

Mulai sekarang nikmati liburan dan perjalanan Anda di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan akomodasi terbaik.

Demikian informasi penginapan yang berbentuk hotel, guesthouse, homestay, losmen, inn, suite, resort, city hotel, dan hostel. Akomodasi terbaik di DKI Jakarta yang pas untuk liburan bersama keluarga tercinta, untuk agenda bisnis, merayakan bulan madu, dan agenda lainnya.

Lokasi Hotel di Kemayoran | Update Sabtu 12 Januari 2019

Hotel Kalibaru Jakarta adalah akomodasi terbaik untuk Anda terutama Backpacker saat berada di kawasan Kemayoran. Menyediakan fasilitas yang cukup lengkap didukung dengan pelayanan yang baik,…

Lokasi Hotel di Jakarta Timur | Update Senin 31 Desember 2018

Hotel Murah di Jakarta Timur tarif mulai dengan harga dibawah 200 ribuan. Daftar penginapan terbaik dengan fasilitas standar hingga mewah yang menawarkan harga terjangkau. Beberapa…

Lokasi Hotel di Kramat Jati | Update Sabtu 29 Desember 2018

Airy Syariah Raya Inpres Kramat Jati Jakarta Timur adalah akomodasi terbaik untuk Backpacker yang menawarkan harga murah dengan lokasi yang strategis. Berada diakses pusat perbelanjaan…

Lokasi Hotel di Makasar | Update Sabtu 29 Desember 2018

Hotel Fiducia Pondok Gede Jakarta Timur adalah akomodasi yang berada dilokasi strategis dekat dengan tempat menarik, sarana transportasi, dan pusat perbelanjaan modern. Salah satu penginapan…

Lokasi Hotel di Matraman | Update Sabtu 29 Desember 2018

Pax Hotel Matraman Jakarta Timur adalah akomodasi murah yang memiliki kamar luas dan bersih. Cocok untuk Anda yang sedang liburan atau sedang dalam perjalanan dinas.…

Lokasi Hotel di Duren Sawit | Update Sabtu 29 Desember 2018

Arimbi House Pondok Kelapa adalah akomodasi yang pas untuk backpacker yang membutuhkan penginapan yang bagus dan nyaman dengan harga terjangkau. Terutama setelah seharian berkeliling ke…

Lokasi Hotel di Pasar Rebo | Update Jumat 28 Desember 2018

Titanium Express HomTel Jakarta Timur adalah akomodasi terbaik untuk tujuan wisata & bisnis sebab berada di lokasi yang strategis dekat dengan akses transportasi dan tempat…

Lokasi Hotel di Jatinegara | Update Jumat 28 Desember 2018

Hotel Nalendra Jakarta Timur dekat dengan pusat perbelanjaan modern, diantaranya Mall Kota Kasablanka, Mall Citra Klender, dan Mall Bassura City. Lokasi terbaik untuk shopping dan…

Lokasi Hotel di Pulo Gadung | Update Jumat 28 Desember 2018

C’One Hotel Pulomas Jakarta Timur berada di lokasi strategis yang aman dan nyaman, sehingga pas untuk melaksakan agenda bisnis maupun liburan keluarga. Hanya berjarak 500…

Lokasi Hotel di Cibubur | Update Selasa 25 Desember 2018

Namora Residence Cibubur adalah penginapan murah di Jakarta Timur yang berada di lokasi strategis kamar yang luas, nyaman, dan bersih. Tempat yang pas untuk Anda…

Page 1 of 9:1 2 3 4  Last