Menu

6 Tips Backpacker Murah Untuk Pemula atau Saat Traveling Sendirian

Berikut 6 Tips Backpacker Murah Untuk Pemula agar dapat traveling sendirian maupun bersama rombongan dengan biaya yang relatif lebih murah serta dapat berjalan dengan lancar dan efektif.

6 Tips Backpacker Murah Untuk Pemula atau Saat Traveling Sendirian

Keterangan: Suasana pantai saat Backpacker ke Bali dengan budget murah. (kemanaenaknya.com)

Ingin mencari sensasi baru dalam liburan Anda? Ingin berbeda dari liburan Anda biasanya? Mencoba hal baru yang menyenangkan plus menantang, tak ada salahnya. Backpacker mungkin bisa jadi salah satu alternatif Anda untuk menikmati liburan yang berbeda dari biasanya.

Menggendong ransel dan memulai perjalanan Anda sebagai backpacker memang dibutuhkan keinginan yang kuat. Apalagi untuk Anda yang baru ingin memulai perjalanan. Backpacker sendiri identik dengan budget minim dalam perjalanan Anda. Efisiensi budget adalah hal yang penting. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai backpacker pemula.

Berikut 6 tips backpacker murah untuk pemula yang kami rangkum dari detiktravel (Selasa, 24/09/2019) :

1. Menggunakan Ransel/Carrier

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, backpacker sangatlah identik dengan satu benda yaitu ransel. Mengapa jenis tas tersebut yang digunakan jika kita berpergian ala backpacker? Alasannya cukup sederhana, yakni efisien dan praktis karena bepergian dengan gaya ini harus sesimpel mungkin.

Dengan menggunakan ransel yang terpanggul dipundak, Anda tidak perlu repot menggeret koper atau menjinjing tas-tas kecil. Jika waktu liburan Anda dalam waktu pendek, cobalah gunakan daypack (ransel dengan ukuran 20 hingga 30 liter). Sedangkan, jika Anda berpergian dengan waktu yang cukup lama maka gunakanlah semi-carrier (dengan ukuran 35 hingga 40 liter) atau dapat pula menggunakan carrier (dengan ukuran 45 hingga 80 liter).

Baca juga:  26+ Hotel Bintang 3 di Jakarta yang Bagus dan Nyaman

2. Bawa barang seperlunya

Bagi Anda, bergaya saat traveling pasti adalah hal yang nggak boleh ketinggalan. Namun, pada saat backpacking justru masalah pergayaan itulah yang harus dikesampingkan oleh Anda. Bawalah pakaian yang dapat Anda gunakan pada pagi, siang atau malam hari.

Bagi backpacker wanita, Anda tidak perlu bawa banyak pernak-pernik seperti kalung dan gelang. Cukup hanya membawa kacamata hitam untuk melindungi mata, sunblock untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Selebihnya, bawalah pakaian yang membuat Anda nyaman selama melakukan perjalanan.

3. Budget

Budget adalah hal yang terpenting untuk Anda perhatikan selama perjalanan. Backpacking yang identik dengan pengeluaran yang minim seperti akomodasi, transportasi, dan makan misalnya harus Anda alokasikan dengan budget seminim mungkin. Karena hal tersebut, tak heran jika rata-rata para backpacker lebih memilih untuk menginap di hostel, makan dipinggir jalan. Budget first!

4. Obat nyamuk, vitamin, dan obat-obatan pribadi

Kita tak akan tahu perjalanan seperti apa yang akan dilewati selama backpacking. Menggunakan bus ekonomi, menginap di hotel murah, makan di warung nasi, dan beragam kegiatan yang mungkin jarang kita lakukan pada saat liburan. Maka dari itu, obat-obatan adalah satu hal yang tak boleh Anda tinggalkan.

Obat nyamuk oles penting saat Anda memasuki wilayah hutan atau pepohonan rimbun, juga ketika kita menginap di hotel. Vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Agar perjalanan lancar dan mengantisipasi hal yang mungkin, bawa juga obat-obatan pribadi Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki kelemahan tubuh atau penyakit pribadi.

Baca juga:  21 Hotel Murah di Surabaya Barat Timur Utara Selatan dan Pusat Kota, Mulai Dengan Harga dibawah 100 Ribu

5. Menyingkirlah dari ‘comfort zone’

Zona nyaman, atau yang biasa kita sebut dengan ‘comfort zone’ adalah tempat yang sulit kita tinggalkan sejenak, termasuk ketika Anda sedang berlibur. Siapa pula yang tak mau mencicipi makanan enak yang terkenal mahal, bermalam ditempat yang nyaman dan dingin, belanja sesuka hati saat jalan-jalan.

Justru keadaan itulah yang harus kita jauhi saat backpacking. Anda harus berani untuk melakukan hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Well, banyak backpacker bilang, hasilnya memuaskan!

6. Pelajari lingkungan sekitar

Untuk Anda yang baru akan mencicipi backpacking, kali pertama Anda ini akan menjadi ajang pembelajaran bagi para pejalan. Mulai dari perjalanan hingga destinasi wisata, menjadi hal baru bagi Anda. Catatan penting bagi para backpacker adalah untuk mempelajari lingkungan sekitar, memperhatikan setiap tempat, jalan, dan arah agar tidak tersasar saat pulang.

Penting juga bagi Anda untuk memperhatikan atmosfer setempat seperti masyarakat, bahasa, etiket, dan kebiasaan. Hormatilah penduduk setempat dan belajarlah dari lingkungan sekitar Anda. Hal-hal tersebutlah yang dapat menjadi pengalaman Anda, yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya dan tentu saja hal tersebut dapat menjadi cerita Anda saat kembali.

Demikianlah 6 tips backpacker murah untuk pemula yang dapat kami informasikan pada kesempatan ini. Tentu masih banyak lagi berbagai tips lainnya, yuk berbagi di komentar ya!

Tags: | Tampil: 149 views

Author: Indra

About Me Technical Content Writer, Menyukai dunia Blogging, Digital Marketing & Traveling. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.


Informasi Terkait